Rabu, 07 September 2016

MULTIMEDIA

MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
  MENJELASKAN DAN MENGKATEGORIKAN TENTANG MULTIMEDIA

A.   Pendahuluan
Perkembangan teknologi Informasi berkembang begitu cepat terutama Komputer multimedia  dimana lalu lintas kesemua lini  baik bisnis, sekolah, rumah, tempat umum dan lain lain. Dengan perkembangannya yang begitu pesat mengandung arti bahwa pasarnya bagus, ini merupakan pe-luang bagi bangsa Indonesia untuk  mempersiapkan tenaga kerja trampil dalam bidang tersebut.
Perkembangan multimedia perlu di imbangi juga dengan perangkatnya. Ini tidak lepas dengan perkembangan perangkat keras dan juga perangkat lunak, karena orang semakin maju akan semakin kreatif untuk menemukan inovasi inovasi. Sehingga perkembangan tidak akan jalan ditempat dan ditinjau dari sudut ekonomi akan menciptakan peluang usaha serta tenaga kerja yang banyak. Dengan disusunnya buku teks teknik multimedia maka diharapkan dapat menjadi panduan bagi siswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yanga trampil. dan dapat mengisi peluang kerja pada bidang produksi multimedia yang saat ini berkembang begitu pesatnya  dimana mana, ataupun perangkat lunak aplikasi multimedia  juga perangkat keras multimedia.

B.   Sejarah  perkembangan  multimedia
Lewat tahun 70-an, penggunaan mikro komputer telah dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah sistem yang sosfitikated bagi mempercepatkan penyelesaian perkerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer  juga dapat menyebarkan  informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna computer dan computer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukkan evolusi dan  perkem-bangan penciptaan teknologi komputer multimedia.

C.   Perkembangan komputer
Pada tahun 60-an, komputer utama (main frame computer), digunakan untuk mengendalikan pusat data yang besar dan sistem keuangan.  1970-an,  terminal komputer diguna-kan oleh organisasi untuk menyebar dan mengatur penyebaran informasi.  Era 1980-an, data dapat diolah dengan menggunakan  komputer se-hingga memudahkan dan memper-cepat proses kerja demikian halnya penyebaran informasi lebih menarik dan lebih mudah diterima orang. Semua orang dapat memiliki komputer untuk melakukan pem-prosesan kata, permainan (game) komputer dan sebagainya.   1980-1990-an, perkembangan  penciptaan  komputer semakin drastis sehingga mencapai masa yang tidak terba-yangkan dari sebelumnya. Dalam masa yang sama, perkembangan teknologi ini telah berdampak ke-pada :

D.   Multimedia dan pengaruhnya kepada Industri
Perkembangan teknologi Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang industri, yaitu:

§  Industri komputer
Informasi pada komputer tidak lagi disajikan melalui teks dan grafik, tetapi juga melalui sum-ber-sumber yang diperolehi dari media lain seperti audio dan video.
Sistem komputer multimedia telah berkembang yaitu merubah Informasi dalam bentuk analog seperti suara, musik dan video ke format digital untuk diproses pada computer. Dan kemudian dirubah kembali ke data yang berada dalam bentuk digital ke bentuk analog untuk disampaikan kembali apabila diperlukan.
Multimedia membutuhan memori yang sangat besar oleh karena itu produksi hard ware yang sesuai banyak diproduksi untuk penyimpan data multimedia. Begitu juga untuk komponen lainnya.
Untuk menyampaikan Informasi banyak caranya. Selain menggunakan  kertas dan skrin komputer, multimedia disampaikan melalui speaker atau direkam terus ke piranti video melalui CD

§  Industri telekomunikasi (telecommunication)
Informasi multimedia juga diproses melalui perangkat komputer dan dikomunikasikan deng-an wire less (satelit).
Oleh  kerana  informasi multi-media berskala besar secara terus menerus (continous), Sistim komunikasi data yang sesuai sangat diperlukan. Ini mengakibatkan perubahan kepada sistem telekomunikasi yang ada. Perangkat komunikasi yang dahulunya hanya menggunakan telefon yang membawa sedikit data dan lambat (yaitu < 28 kbit), kini telah berubah kepada wire  less yang membolehkan lebih banyak data seperti 2Mbit, 10Mbit dan 622Mbit.

§  Industri penyiaran (broadcasing)
Pengaruh kepada industri penyiaran.  Pada mulainya, peralatan professional bagi audio dan video terdapat distudio rekaman dan pada bagian penyiaran televisi. Perubahannya pada per-alatan tersebut yaitu, dimana sistem-sistem yang lebih profe-sional telah  digunakan  dirumah, diperkantoran, disekolah dan lain lain untuk pengeditan movie secara digital.
Informasi disiarkan melalui kaidah penyiaran yang tersedia seperti kabel, satelit dan antena. Fenomena ini memungkinkan industri penyiaran ini menjadi pendukung informasi (information provider).

E.   Mengidentifikasi Etimologi Multimedia.

§  Istilah multimedia menurut etimologi bahasa
Sebagai jenis sarana: usaha pembangunan untuk dunia komunikasi.
Penyediaan Informasi pada computer yang menggunakan suara ,grafik, animasi dan teks. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005).
Sedangkan arti multimedia dari kata yang sudah disatukan yaitu:
Multi media berasal dari 2 kata yaitu:
Multi yang mengandung arti banyak, lebih dari satu, berlipat ganda
Media : (Kamus besar bahasa Indonesia 2005).mengandung banyak arti namun ada 3 arti yang berdekatan dalam arti kata mengandung makna yang sama
1)      Alat
2)      Alat sarana komunikasi seperti: Koran, majalah ,radio, televise, film, poster dan spsnduk
3)      Perantara atau penghubung
4)      Yang terletak diantara kedua belah pihak
5)      Zat hara yang mengandung protein

§  Istilah Multimedia menurut terminology ICT
Istilah multimedia menurut terminoly ICT, Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan/ disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).

Kesimpulan kata multimedia dari kedua terminology tersebut dapat di gambarkan secara blok

Dari cuplikan diatas kesimpulan bahwa multimedia adalah merupakan suatu hasil karya sekelompok orang terampil dari berbagai bidang yang perlu dipoles sehingga menjadi suatu informasi yang menarik dan jelas akan tujuan yang dimaksud namun tidak sedikit pula orang mem-butuhkan  isi tetapi dengan penampilan yang menarik mereka menikmatinya. Sehingga multimedia perlu ditata sedemikian rupa semua elemennya, seperti  teks dibuat yang menarik dengan mempertimbangkan selera pasar ataupun siapa yang akan menikmatinya, audio/ suara disesuaikan dengan topik bila perlu keras ataupun suara halus bahkan mungkin memdesis tergantung topik yang akan  disuguhkan, kemudian gambar yang bagus dari mulai pencahayaan, sudut pengambilan yang bagus, tehnik pengambilan video yang tepat dari beberapa variable semua itu akan mendapatkan hasil yang dahsyat bagi pengguna multimedia. Banyak variable yang harus dipertimbangkan oleh produsen  multimedia dan ini sangat bekaitan dengan talenta masing -masing,  tidak bisa menjadi tolak ukur atau bandingan justru masing-masing individu harus kreatif dengan mempunyai ciri khas sendiri yang unik dan tidak mudah ditiru oleh orang lain, Sedangkan kesimpulan yang diambil oleh pelaku bisnis perangkat keras multimedia juga sangat berhubungan dengakan peningkatan perangkat keras yang perlu di imbangi denga kecepata mengakses data, karena semakin maju maka isi dari multimedia akan semakin besar data nya oleh Karen itu mereka juga mengembangkan usahanya dibidang perangkat keras dari mulai motherboard Processor terutam juga perangat media ditribusi yaitu CD ROM, DVD (Compact Disk read Only Memory) Menurut Lin, chipset nForce2 ini akan mengintegrasikan prosesor grafik GeForce4 yang kita gunakan sekarang ini ke dalam North Bridge, memasukkan kemampuan Dolby Digital ke dalam South Bridge, serta mendukung seluruh kemam-puan fitur teknologi baru seperti USB 2.0, Firewire, serta kemampuan LAN (Local Area Network) ganda. "semua fitur perangkat keras ini memang dirancang untuk keperluan multi-media, dan kita berkeyakinan kalau multimedia menjadi kunci utama fitur komputer PC masa depan," jelas-nya.(Kompas 16 Agustus 2002).

F.    Ciri-ciri umum Sistem Komputer Multimedia
Ciri ini akan membedakan antara video dan televisi  yang juga  mengandungi gabungan teks, suara, animasi, musik dan klip video. 

Ciri ini amat berfaedah dalam beberapa aplikasi multimedia pada
penyampaian yaitu interaktiv dapat terus berinteraksi dengan  persoalan  yang dikemukakan oleh peserta.

G.   Empat Sifat Penting Produk Multimedia

1.    Informasi disajikan melalui komputer di mana pengguna dapat melihat, mendengar, dapat saling berbalas, apabila tadak ada sifat  ini,  maka  dikatakan bersifat Polymedia atau Mixed Media
2.    Polymedia merupakan penyajian informasi informasi tanpa menggunakan sistem komputer. Tetapi ia terdiri daripada gabu-ngan beberapa peralatan bantu-an media seperti siaran TV, radio, buku teks dan sebagainya.  Produk multimedia seharusnya mempunyai  hubungan  (Links). Membolehkan pengguna berge-rak daripada satu antaramuka ke satu antaramuka yang lain dengan dibantu oleh struktur dengan dimensi sendiri. Tanpa sifat ini, lebih menyerupai penya-jian informasi di dalam sebuah buku.
3.     Produk multimedia mestilah mempunyai sifat Navigasi (Navig-ation Tools), di mana navigasi merupakan sebarang ikon, butang,  “hot spot”  atau  peralatan yang aktif. Aktif di sini bermaksud ikon ataupun butang tersebut berupaya untuk meng-hubungkan pengguna dalam produk multimedia tersebut (contoh halaman web).
4.    Cara penyajian informasi bersifat interaktif. Di mana pengguna boleh berinteraksi dan mengawal penyajian informasi tersebut. Tanpa sifat ini, ia lebih meru-pakan penyajian tanpa interaksi seperti TV.





1.2  MENJELASKAN  MULTIMEDIA CONTENT PRODUCTION
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan

A.  Media teks
Menggunakan teks sebagai media dalam content production merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali peradaban manusia yang di mulai dengan bentuk symbol kemudian berkembang dengan bentuk teks. Pesan yang disampaikan dalam bentuk teks menjadi informasi yang sangat penting dan dan akan sangat menarik bila dipoles penyajiannya seperti diberi headline, pont  apalagi diberi image dan suara. Media teks saat ini tidak berdiri sendiri tapi bisa di gabungkan dengan media lain seperti untuk Judul suatu video.
Judul untuk produksi video dapat dibuat dengan generator karakter analog, namun komputerpun dapat mengerjakannya secara digital menggunakan perangkat lunak editing video dan image.

§  Beberapa tip untuk membuat judul yang bagus,
1.    Font untuk judul harus jelas, sansserif, dan bercetak tebal agar mudah terbaca
2.    Gunakan drop shadow untuk memisahkan teks dan latar belakang image
3.    Jangan pernah menggunakan teks hitam atau berwarna pada latar hitam atau putih.
4.    Jangan menempatkan huruf-huruf terlalu rapat
5.    Jika menggunakan grafis yang digaris bawah atau yang digambar, buatlah gais selebar 2 piksel. Jika menggunakan garis selebar 1 piksel (lebar yang diukur dengan angka piksel ganjil), garis akan berkedip jika ditransfer ke video untuk digabungkan.
6.    Gunakan garis, kotak, lingkaran konsentrasi secara parallel dengan hemat. Ketika menggunakannya gambarlah dengan lebar dan garis tebal.
7.    Hindari penggunaan warna yang terlalu (menyala panas dan menyolok).
8.    Warna yang bersebelahan harus ditandai dengan intensitas yang berbeda. Misalnya gunakan biru terang dan merah tua, jangan menggunakan biru medium dan merah medium.
9.    Simpanlah grafis dan judul di daerah aman pada layar yaitu jangan terlalu di pinggir
10. Hindari membuat judul pada layar terlalu penuh


B.  Media audio

     Teknologi canggih, filter suara, echo . selain denga menggunakan hard ware saat ini banyak soft ware untuk mengolah suara menjadi file suara digital dalam berbagai format. Demikian juga penyajiannya dapat dikombinasikan dengan media gambar misalnya  dengan  proses streaming untuk mengirimkan file suara dan gambar pada web.
     Mempersiapkan file audio digital dapat dilakukan berurutan. Jika memiliki sumber material analog-music atau efek suara yang telah direkam pada media analog seperti kaset tape-langkah pertama adalah mendigitalkan material analog dengan merekamnya ke dalam media digital yang dapat dibaca computer. Dalam kebanyakan kasus, ini sama saja dengan memainkan suara dari satu pernagkat seperti tape recorder ke dalam computer menggunakan perangkat lunak audio digital yang cocok

§  Dua aspek krusial untuk mempersiapkan file audio digital :
1.    Menyeleraskan kebutuhan kualitas suara dalam sumber daya RAM dan hardisk
2.    Menyetel level recording yang sesuai untuk mendapatkan recording yang bersih dan bagus


C.  Media video

     Video bergerak merupakan elemen multimedia yang dapat menggambarkan pesan yang ingin disampaikan, video digital merupakan  bagian penting dari multimedia yang paling memikat dan merupakan piranti powerfull yang membuat pengguna computer lebih dekat ke dunia nyata. Video digital merupakan metode yang cerdas untuk mengirimkan untuk mengirimkan multimedia kepada audien yang melihat televisi.
     Jika kamera video menggerakkan sinyal output video digital, dapat merekam video langsung ke disk, CD-ROM, atau perangkat penyimpanan lain misalnya CD,Video  klip tersebut dapat dimainkan kembali di monitor computer tanpa perangkat keras khusus.

Beberapa pertimbangan untuk membuat produksi Video digital :
1.  Komputer dengan koneksi fire Wire (IEEE 1394 atau iLink) dan kabel
2.  Processor yang cepat
3.  RAM yang besar kapasitasnya
4.  Harddisk yang besar kapasitasnya untuk menyimpan aliran data DV (Digital Video) dari footage video yang mentah dari sebuah kamera pada kecepatan transfer DV yang tetap 3.6 Mbps, Harddisk harus mendukung kecepatan transfer sebesar 8Mbps dan memiliki ruang kosong yang cukup (sekitar 108 MB untuk footage 30 detik, 13 GB untuk 1 jam). Kemudian kalikan 5 untuk melakukan editing, media yang dapat dipindah seperti Zip dan CD RW tidak akan dapat bekerja.
5.  Tampilkan keuda kalinya untuk lebih memastikan perangkat lunak editing.
6.  Mixer audio untuk mengatur output suara dari camcorder, Pem-bicara eksternal
7.  Perangkat Lunak editing non linier (NLE)

Komposisi aturan umum untuk syuting kualitas video untuk penggunaan broadcast diterapkan pada multimedia.

     Saat syuting video untuk pemutaran dari CD ROM atau Web dalam jendela computer yang kecil, akan lebih baik untuk menghindari pembidikan panorama yang luas. Effek dari sweefing panorama akan hilang dalam jendela kecil. Gunakan syuting close up dan medium kepala dan bahu atau yang lebih dekat, pertimbangkan jumlah pergerakan dalam syuting semakin banyak scene berubah dari frame ke frame, semakin banya informasi  “delta” yang perlu ditransformasikan dari memori computer ke layar sehingga semakin lambat kecepatan pemutarannya. Jaga agar kamera tetap diam, kecuali saat panning dan zooming biarkan subyek menambah gerakan  pada bidikannya, berjalan, berbalik berbicara.

§  Mengoptimalkan file video untuk CD-ROM
     Batasi jumlah sincronisasi yang diperlukan antara video dan audio. Dengan file Microsoft AVI, data audio dan CD-ROM menyediakan medium distribusinyang bagus untuk video berbasis computer: tidak mahal untuk produksi masal dan dapat menyim-pan kuantitas informasi  dalam jumlah besar.
     Player CD-ROM menawarkan angka kecepatan data yang lambat, namun untuk transfer video yang memadai dapat diperoleh denan benar – benar mempersiapkan file video digital. Tanpa diperhatikan file digital itu dapat memberikan display ayng buruk dalam lingkungan bandwidth yang rendah/ kompresi tinggi
1.  Video sudah di interleave sehingga bukan suatu keharusan . namun denga file Quicktime, harus membuat rata gambar. Meratakan denga (flattening) berate melakukan interleaving segmen audio dan video bersama-sama
2.  Gunakan jarak key frame secara regular, setiap 10 sampai 15 frame, dan kompresi temporal dapat mengoreksi pencarian waktu penundaan. Waktu pencarian ialah berapa lama player CD ROM. Bahkan dengan kecepatan berputar 56x, dapat menyebabkan penundaan (dan terkadang noise yang substansial).
3.  Ukuran jendela video dan angka frame yang digunakan secara dramatis pempengaruhi  performa. Quicktime, 20 frame per detik dimainkan dalam jendela 160x120 piksel. Ekuivalen dengan memainkan 10 frame per detik dalam jendela ukuran 320x240 piksel.Semakin banyak data yang harus dikompersi dan ditransfer dari CD-ROM ke layar, semakin lambat pemutarannya.
4.  Meskipun interleaving kualitas audio CD ke produksi video secara teoritis  akan menghasilkan suata dengan kualitas tertinggi, volume data yang diperlukan mungkin terlalu besar untuk ditransfer ke CD-ROM secara langsung, cobalah dengan angka sampling dan ukuran sampel yang lebih rendah untuk mengurangi kuantitas data audio.
5.  Defragmen file sebelum membakar masternya

D. Media animasi.

     Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada pryoyek multimedia.
     Proyek multimedia dapat dianimasikan secara keseluruhan atau hanya dibagian–bagian  tertentu member aksen dan menambah bumbu-bumbu. Untuk persentasi singkat produk dengan sedikit interaksi peng-guna, akan lebih bermakna jika mendesain seluruh proyek menjadi film dan mempertahankan persentasi dalam gerakan.
     Untuk mendukung pembicara dapat menganimasikan bullet teks membuatnya melayang  atau dapat menggunakan grafis yang naik ataupun turun, kemudian berikan control kepada pembicara untuk eye-catcer, data manual pelatihan lini assembly.
     Effek visual seperti sapuan (wipe), penundaan (fade), zoom dan dissolve tersedia dalam banyak paket authoring, dan beberapa diantaranya dapat digunakan dalam animasi primitive. Misalnya menam-pilkan image dilayar dengan wipe, atau membuat sebuah obyek dengan implode dan iris effek menutup. Animasi tidak hanya sekedar wipe, fade, dan zoom, animasi sebenarnya obyek yang bergerak melintasi atau bergerak kedalam atau keluar pada layer.
     Munculnya animasi adalah disebabkan adanya fenomena biologi mata manusia sehingga dapat gambar diam dimanipulasi menjadi suatu gerak animasi yang disebabkan oleh mata manusia akan menyimpan beberapa saat obyek yang telah dilihatnya.
      Video televisi terdiri dari 30 frame atau gambar untuk setiap detiknya, gambar hidup dalam film biasanya jumlahnya 24 frame per detik. Akan tetapi jika menggunakan trik proyeksi (lensa pengatur cahaya dari proyektor memancarkan cahaya ke image sebanyak 2 kali ). jumlahnya sehingga menjadi 48 kedipan perdetik. Sehingga manusia seolah melihat gambar bergerak.

§   Teknik Animasi
1.   Identifikasi aktifitas yang akan ditampilkan dalam animasi, jika terlalu komplek dapat dibuat dengan skrips tertulis dengan daftar aktifitas dan obyek yang diperlukan
2.   Buatlah storyboard untuk memvisualisasikan animasi
3.   Pilih piranti animasi yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.
4.   Kembangkan urutannya, meliputi penciptaan obyek, membuat teksture permukaan, menambah cahaya, bereksperimen dengan effek cahaya, memposisikan kamera atau sudut pandang.
5.   Melakukan rendering khusus dan menambah effek suara.

§   Media grafis/ citra
Produk content media grafis/ citra adalah identik dengan tampilan 2 dimensi bisa berbentuk gambar ataupun teks.
Grafis :
1.   Grafis bersifat graf, bersifat huruf, dilambangkan dengan huruf.
2.   Bersifat matematika, statistika, wujud titik-titik garis-garis atau bidang-bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan.
Citra :
Rupa, gambar, gambaran. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005). Grafis yaitu media komunikasi baik itu beasal dari teks, animasi, Dimensi ataupun, 3D, berupa film yang disajikan dalam bentuk visual komunikasi berupa 2D atau gambar yang sudak diolah secara grafis baik itu animasi , teks , 2D, 3D, film, contoh : Brosur, pamlet

E.    Media interaktif

      Akhir-akhir  ini sangat bekembang pesat produksi CD pembelajaran yang menyajikan proses pembela-jaran secara mandiri sampai pada evaluasi hasil  pembelajaran, media ini disebut juga dengan istilah e-learning selain dikemas dalam bentuk CD tetapi dapat disajikan melalui media internet yaitu pada Web.
Media interaktif sangat cocok pada pendidikan walaupun tidak selalu digunakan pada pendidikan , namun pada sebagian besar dimanfaatkan pada pendidikan. Dengan penyajian materi pembelajaran menggunakan media interaktif banyak keuntungan yang didapat:
*       Panyajian  bahan ajar lebih menarik
*       Pendidikan dapat dilakukan dirumah.
*       Bisa memperoleh laporan hasil pembelajaran setiap materi.
Media interaktif juga dapat digunakan pada penjualan misalnya pengenalan produk hingga pembelian melalui internet

F.    Media efek khusus

       Pada saat menampilkan suatu gambar kadangkala untuk lebih hidup kadangkala  dibutuhkan effek khusus sebagai back sound sesuai dengan dengan makna gambar yang ditam-pilkan. Demikaian halnya  Gambar, video, film pada pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain, juga sangat dibutuhkan. Effect khusus sebetulnya tidak selalu dalam bentuk suara tetapi juga bisa dalam bentuk gambar imajinasi yang membutuhkan keterampilan khusus . Pemakaian effect khusus ini kadangkala  dapat dibuat menggunakan peralatan khusus yang bisa menimbulkan suara-suara tersebut. Namun dengan berkembangnya aplikasi teknologi software graffis. Maka effect khusus dapat dibuat dengan menggunakan software aplikasi.

Yang termasuk dalam kategori soft ware aplikasi pembuat effek khusus adalah :
-          Adobe
-          After Effect
-          Show Biz DVD
-          Ulead Video Studio
-          WinDVD Creater
-          Nero Ultra Edition
-          Element Premier
-          Power Director
-          Pinnacle Studio Plus
-          Easy Media Creator
1.3        MENJELASKAN MULTIMEDIA COMUNICATION (KOMUNIKASI MULTIMEDIA).
     Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat difahami. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005). Sedangkan seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Istilah multimedia menurut terminology ICT, Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain (Vaughan, 2006). Dari defenisi siatas sebenarnya dalam multimedia juga sudah mengandung makna komunikasi.

Dalam pembahasan ini lebih menitik beratkan pada sarana media penyampaian yaitu dapat melalui:
§   TV (Televisi)
Sangat berperan dalam perkem-bangan multimedia dan juga sebagai sarana penyampai hasil produk multimedia yang beragam baik beru-pa : Teks, grafis, animasi, audio, dan video.Penyampaian informasi melalaui televisi sangat efektip dan meluas karena selain dengan tampi-lan yang multi juga sudah tersebar ke seluruh perlosok negeri.

§  Radio.
Adalah media komunikasi yang menggunakan full audio, dengan penataan kalimat yang singkat, jelas dipoles dengan suara yang sesuai dengan pesan yang disapaikan dengan background musik yang matcing (sesuai) akan membawa pendengar seakan terlibat seakan berada dalam lingkungannya terutama akan menyimak apa yang disampaikannya. Suara merdu, belum tentu cocok dalam penyam-paian pesan begitu juga music yang lembut belum tentu pas untuk mengiringi suatu pesan dalam hal ini dibutuhkan suatu talenta.

§  Film
Hampir sama dengan fungsi TV, namun pada film kelebihannya dapat di  kemas berupa CD, Pita, dan bentuk memory penyimpan lainnya. Sehingga dapat dinikmati ataupun dijalankan oleh perangkat laian seperti computer, diputar di bioskop, studio film.

§  Cetak
Adalah media yang tidak sedikit juga di manfaatkan seperti brosur, surat kabar pamflet, majalah walaupun bisa melalui media internet namun cetak banyak juga penggunananya, Multimedia pada media ini dibuat dua dimensi, Penyajian teks apabila ditata yang baik seakan bersuara begitupun dimensi apabila didisain dengan indah seakan hidup.

§  Musik
Keterampilan pemusik banyak mengilhami pembuatan multimedia apa-kah musik yang menjadi obyek atau music yang menjadi penghias dari pesan yang disampaikan, iringan musik yang disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan akan dipengaruhi oleh selera pembuat dan karakter pesan yang disampaikan pesan sehingga dapat mem-pengaruhi suasan pengguna. Suara dapat digunakan untuk menyam-paikan informasi di beberapa tempat tertentu. Hal itu mungkin berarti menggunakan suara secara lang-sung untuk mengkomunikasikan informasi suara atau dalam arti lain menggunakan musik atau efek suara untuk mendukung atau memperkaya informasi yang disampaikan. Kita memerlukan suatu bahasa yang lebih canggih selama pembicaraan me-ngenai pengeluaran suara, namun, karena tanpanya, persediaan suara akan terus melakukan status yang jauh lebih rendah dalam peren-canaan unsur visual tersebut dalam suatu desain.
     Pengeluaran kualitas suara harus diperhatikan seperti kualitas grafik, mengingat bahwa pengguna biasa-nya memanfaatkan audio kualitas-CD untuk kegiatan mendengarkan di rumah mereka. Seringkali program dibiarkan memiliki kualitas suara yang buruk.

Tentu saja, perubahan dalam kualitas suara adalah ukuran file: lebih besar kualitas suara yang dimainkan, lebih besar pula ukuran filenya, dan lebih rendah dari ini dapat disimpan dalam media penyimpanan berkapasitas terbatas seperti sebuah CD-ROM. Dan, tentu saja, memilih suara mono daripada stereo membagi ukuran file

§  Game
Dewasa ini industri game sangat maju, sangat berkembang pesat baik yang bersifat pendidikan atupun komersil, dalam pembuatan game inipun penuh dengan pemakaian –pemakaain semua jenis konten produk, keteramplilan pembuat untuk memodifikasi dan mencapur beberapa konten produk yang sesuai. Banyak permainan kini terdapat dalam bentuk CDROM dan mengandungi elemen-elemen grafik, animasi, audio dan  video. Bentuk permainan yang ganas dan tidak berfaedah perlu dibendung.
Kini terdapat juga permainan yang mempunyai unsur-unsur pendidikan

§  Entertaiment (hiburan)
Teknologi multimedia juga banyak digunakan dalam bidang hiburan.
Banyak permainan kini terdapat dalam bentuk CDROM dan mengandung elemen-elemen grafik, animasi, audio dan  video. Namun a bentuk permainan yang ganas dan tidak berfaedah perlu dibendung.
Kini terdapat juga permainan yang mempunyai unsur-unsur pendidikan. Perkataan edutaiment dirujuk sebagai  education  dan  ntertaiment. Permainan serupa ini mengajar kita supaya membuat perancangan dengan teliti  dan  mengasah  otak  sambil berhibur. Video-on-demand merupakan satu lagi aplikasi multi-meida berupa  hiburan.
Pengguna boleh memilih Produk apa saja yang disimpan dalam per-pustakaan. Produk – produk itu dapat menontonnya pada masa yang dikehendaki.
Pelanggan boleh mendapatkan apa-apa saja mengikut cita rasa masing-masing asalakan yang ada dalam server.


§  Tutorial
Semua orang saat itu dituntut untuk mandiri karena banyak fasilitas  untuk berkerja seperti itu, ini tidak lepas dari hasil perkembangan multimedia. Banyak Cd tutorial untuk menguasai suatu keterampilan tertentu terutama di lingkungan pendidikan Dilengkapi juga dengan penyelesaian suatu permasalah  dan apabila masih belum tejawabkan bisa langgsung berinteraksi melalui internet.

§  Information Comunication Technologi  (Internet)
     Internet berawal dari sebuah jaringan penelitian yang didanai oleh departemen keamanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada tahun 1989 National science foundation mengambil alih managemennya, dan oragnisasi-organisasi penelitian serta universitas-universitas (seperti para professor dan mahasiswanya). Menjadi pecandu berat dari perkembangan internet ini Jika komputer terkoneksi dengan jaringan misalnya yang ada dikantor dan disekolah, kemungkinan computer sudah terkoneksi dengan internet. Bagi banyak pengguna internet berarti Word Wide Web, tetapi web sebenarnya hanyalah layanan yang terakhir dan terpopuler saat ini di internet. Email, transfer file, kelompok diskusi dan newsgroup, real time chatting, dengan teks, suara dan video, dan kemampuan untuk masuk ke dalam computer remote merupakan hal yang sudah biasa. Untuk berkerja dengan multimedia di internet, harus bekerja didalam ketentuan protocol yang sesuai, dengan menggunakan dokumen format yang  format yang dapat dikenali. multimedia secara khusus disimpan dan di transmisikan pada internet dalam format MIME-type (Multipurpose Internet Mailm Ekstension). Multimedia secara khusus disimpan dan di transmisikan pada internet dalam format MIME-type yang sesuai dan diberi nama dengan extensi yang tepat untuk type tersebut, sebagai contoh, file-file animasi shockware flash menjadi.swf, file image menjadi .jdg, .jpeg, gif atau .png, file-file suata menjadi .au, .wav, .aif, .mp3 atau format lain ayng sesuai, klip-klip video menjadi .qt atau .mov

A.   Penggunaan Multimedia

§  Multimedia dalam Bisnis.

Aplikasi bisnis untuk multimedia, meliputi presentasi pelatihan, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, pesan kilat, komunikasi jaringan.  Setelah mendengarkan presentasi melalui slide berukuran 35 mm dan over head dari podium konferensi perdagangan nasional, preentasi multimedia dapat membuat audiens menjadi hidup. Kebanyakan perangkat lunak presentasi menyediakan tambahan audio dan video klip pada “slide show” grafis dan material teks biasa.
     Multimedia dalam lingkungan kantor sudah menjadi suatu ayng umum. Perangkat keras authoring image digunakan untuk membuat kartu identitas karyawan dan menandai database, untuk anotasi video, dan untuk telekonfrens secar langsung. Dokumen presentasi yang terdapat dalam e-mail dan video konferensi sudah bayak tersedia. Computer laptop dan proyektor resolusi tinggi menjadi sesuatu yang umum dalam presentasi multimedia di jalan-jalan. Ponsel dan PDA (Personal Data Assistant) memanfaatkan teknologi aplikasis Bluetooth yang membuat komunikasi dan bisnis lebih efisien
§  Multimedia disekolah
Sekolah mungkin merupakan institusi yang mebutuhkan multimedia. Multimedia dapat memprovokasi perubahan secar radial dalam proses pengajaran pada decade-dekade mendatang, khususnya saat siswa yang cerdas menemukan bahwa mereka dapat keluar dari batasan metode pengajaran tradisiaonal. Sebenarnya disini terjadi  perubahan dari model ‘transmisi” atau “siswa pasif” ke model kolb tentang “pembelajaran eksperiensial” atau “siswa aktif” Dalam beberapa hal guru lebih sebagai pembimbing dan mentor, fasilitator pembelajaran, yang memimpin siswa untuk proses pembelajaran, bukan sebagai penyedia informasi dan pembe-lajaran yang utama.
     Multimedia dalam pembelajaran mempunyai banyak bentuk, contoh potongan gambar CD interaktif Fisika
     Pemanfaat multimedia yang menarik disekolah-sekolah melibatkan para siswa itu sendiri. Siswa dapat menikmati majalah dan surat kabar interaktif, mereka dapat membuat karya seni orisinial dengan menggunakan piranti perangkat lunak, mereka mewawancarai siswa, penduduk kota, pelatih dan guru serta membuat film quick time, mereka mendesain dan mengoperasikan situs-situs web.

§  Multimedia di Rumah
Mulai dari berkebun memasak hingga mendesain rumah, genealogi (silsilah keluarga) dan pemodelan ulang multimedia telah merambah ke lingkungan rumah, kebanyakan produk teknologi multimedia merambah ke rumah melalui televise atau monitor yang dilengkapi input pengguna built in yang interaktif dalam bentuk TV berwarna.
     Rumah tangga dimasa mendatang akan sangat berbeda ketika harga perangkat keras komputer dan televisi multimedia mulai terjangkau oleh pasar umum dan koneksi multimedia untuk lalu lintas data dan telah tersedia dan murah.
Gambar contoh aplikasi multimedia silsilah keluarga.

Kesimpulan

1.   Multimedia adalah: Penyediaan Informasi pada computer yang menggunakan suara, grafik, animasi dan teks. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005).

2.   Sifat penting produk multimedia
*       Informasi disajikan melalui komputer di mana pengguna dapat melihat, mendengar, dapat saling berbalas, apabila tadak ada sifat  ini
*       Produk multimedia seharusnya mempunyai  hubungan  (Links).
*       Produk multimedia mestilah mempunyai sifat Navigasi (Navigation Tools),
*       Cara penyajian informasi bersifat interaktif.

3.   Kategori multimedia:
*       multimedia content production, dan
*       multimedia communication.

4.   Produk konten multimedia:
*       Media teks
*       Media audio
*       Media video
*       Media animasi
*       Media grafis/citra
*       Media interaktif
*       Media efek khusus
5.   Identifikasi 9 media yang memproduksi produk multimedia:
*       TV
*       Radio
*       Film
*       Cetak
*       Musik
*       Game
*       Entertainment
*       Tutorial
*       ICT (Internet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar